Dengki itu membakar kebaikan sebagaimana api membakar kayu, sedangkan sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api (HR. Ibnu Majah)

Selasa, 26 Oktober 2010

CONTOH STRUKTUR ORGANISASI





Sebagai contoh kita ambil struktur kelas , ini contoh organisasi umum yang menurut saya simple karena setiap kelas pasti mempunyai struktur kelas.

Disini kita mempunyai ketua kelas bernama wahid, dimana dia lah pimpinan tertinggi di kelas selain wali kelas. Wahid ini mempunyai bawahan – bawahan yang akan membantu dia dalam kegiatan di dalam kelas atau yang berhubungan dengan sekolah.
Yaitu adanya wakil ketua kelas, zakki akan membantu wahid dalam melaksanakan tugas nya jadi jika suatu saat wahid tidak masuk maka zakki lah yang akan mengurus keadaan kelas. Wahid dan zakki pun akan dibantu oleh seorang sekertaris dan bendahara,
Dimana sekertaris tugas nya mencatat semua kegiatan yang ada di kelas. Selain itu sekertaris bertugas menyusun rencana – rencana atau nacara yang ada dikelas.
Sedangkan bendahara bertugas mengurus keuangan kelas karena setiap kelas pun pasti akan ada iuran kas yang biasanya di tanggung oleh siswa untuk keperluan kelas. Besar dan kapan uang ka situ ditagih sesuai dengan kesepakatan oleh siswa satu kelas yang akan di setujui ketua kelas dan agendanya kan di catat oleh sekertaris.
Lalu dibawah wakil ketua kelas selain ada Sekertaris dan Bendahara juga akan ada seksi – seksi . antara lain yang umum ada pada suatu kelas yaitu seksi keamanan , seksi kebersihan dan seksi acara.
Sebagai tugas nya seksi keamanan bertugas mengurus keamanan kelas maupun diluar kelas ketika ada kegiatan pada siswa kelas tersebut. Sedang kan seksi kebersihan bertugas memantau dan menjaga kebersihan kelas, disini seksi kebersihan akan mengurus jadwal piket pada setiap hari nya yang jadwal tersebut akan di setujui oleh ketua kelas dan wakil dan nama – nama piket per hari nya akan dicatat oleh sekertaris.
Yang terakhir adalah Seksi Acara, dimana dia bertugas untuk menemukan gagasan – gagasan atau ide – ide baru untuk kediatan kelas agar tercipta suasana baru yang kan di cetus kan kepada sekolah.
Sebagai contoh jika di sekolah akan ada pentas seni musik pasti setiap kelas akan menyumbangkan penampilan – penampilan hasil seni maupun karya lain yang bias ditampilkan. Nah disinilah tugas seksi acara untuk memberi ide yang akan dirundingkan oleh satu kelas ketika sudah menimbulkan satu ide yang akan ditampilkan maka para pengurus akan berunding kembali untuk semua keperluan nya, apa saja yang dibutuh kan , berapa biaya yang dikeluarkan dan semua kegiatan ini akan di catat oleh sekertaris yang akan di setujui oleh ketua kelas dan wakil ketua kelas.
Itulah sebagai contoh kasus yang struktur diatas saling bersangkutan satu sama lain jika struktur kelas tidak akan terwujud maka kelas pun tidak akan teratur , disinilah tugas ketua kelas dan wakil ketua kelas untuk mengecek dan memantau yang kesemua nya itu akan dilaporkan kepada wali kelas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar